You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Tirta Mulya

Kec. Pelepat Ilir, Kab. Bungo, Prov. Jambi
Info
SUBSCRIBE & FOLLOW AKUN YOUTUBE : DUSUN TIRTA MULYA. FB : TIRTA MULYA. IG : DUSUN TIRTA MULYA

Profil Desa Tirta Mulya


Demografi

Keadaan Fisik/Geografis Desa Muara Sekalo

Desa Tirta Mulya merupakan salah satu Desa Kecamatan Pelepat Ilir di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.  Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Mangun Jayo dan Kabupaten Tebo, sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Maju Jaya, sebelah Barat berbatasan dengan Desa Lingga Kuamang serta sebelah Timur dengan Desa Embacang Gedang.

Secara Administrasi, Luas Desa Tirta Mulya adalah 2419,75 ha yang terdiri dari 4 kampung dan 15 rukun tetangga (RT).  Luasan ini setara dengan 0,52 persen luas wilayah kabupaten Bungo.  Luas wilayah Kabupaten Bungo tercatat 4659 Km2.

Keadaan sosial  Penduduk

Jumlah  penduduk Desa Tirta Mulya tahun 2021 sebanyak 3343 jiwa yang terdiri atas 1710 jiwa laki-laki dan 1633 jiwa perempuan.  Persebaran penduduk di Dusun Tirta Mulya relatif merata, secara absolut jumlah penduduk pada tiap-tiap RT terlihat relatif berimbang.  Namun karena luas wilayah masing-masing RT berbeda maka tingkat kepadatan penduduknya terlihat beda.  Pada tahun 2021, Kampung 2 merupakan wilayah dengan tingkat kepada penduduk yang tertinggi, yaitu 452 jiwa per 25 Ha. Sementara itu Kampung 4 merupakan tingkat kepadatan terendah dengan tingkat kepadatan 307 jiwa per 25 Ha.

Dengan Jumlah KK Sebanyak 3.343 yang tersebar di 4 Kampung dan 16 Rukun Tetangga.

Pada PEMILU LEGISLATIF Tahun 2020 Jumlah Mata Pilih Sebanyak 2575 Jiwa yang terdiri dari 1310 Laki-laki dan 1265 Perempuan dengan Jumlah TPS Sebanyak 8 TPS.

Masyarakat Desa Tirta Mulya dari berbagai macam Suku dan etnis tetapi selalu hidup rukun damai tidak pernah terjadi Konflik ,dan saling menghormati. Kegiatan yang sangat menonjol yaitu kegiatan Gotong Royong yang masih lestari sampai saat ini, dan Kelompok Pengaian yang di laksanakan tiap Minggu, Bulan, dan Hari-hari Tertentu, dan juga terdapat kelompok pengiat seni kuda lumping yang masih ada dan aktif.

Di antaranya terdapat juga Beberapa Kelompok Tani yang selalu bahu membahu dalam pelaksanaanya, ada kelompok Tani Pertanian, Peternakan, dan Perikanan.

 

Dokumen Lampiran Profil Desa Tirta Mulya
Bagikan artikel ini:
Komentar